LembagaLPMNU

MIMAPAN bekali Fasilitator ASPD

MIMAPAN-Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap akhir tahun terutama tahun ajaran, setiap sekolah/madrasah mengadakan kegiatan ujian untuk kelulusan siswa kelas 6. Begitu juga di MI Ma’arif Plampang juga mengadakan ujian itu. Maka dari MI Ma’arif Plampang mengirimkan/menugaskan salah satu guru ibu Indah Nurul Hidayati, S.Pd.I., M.Pd. untuk menjadi pengawas ruang/fasilitator pada pelaksanaan ujian tahun ini. Dan mengikuti kegiatan Pembekalan Calon Pengawas Ruang/Fasilitator ASPD yg diadakan di Kaoanewon Kokap pada hari ini Kamis (4/1/2021) dari jam 08.00 – selesai.

Dalam acara pembekalan ini bapak Sumiyono, S.Pd selaku Pengawas SD/MI Kapanewon Kokap mengatakan bahwa “pelaksanaan ASPD hampir sama dengan ujian-ujian tahun sebelumnya, yang beda adalah peraturan nya, ASPD sumber utama dari Pos ASPD DIY”. “Juga ASPD tidak mempengaruhi/sebagai syarat utama untuk kelulusan, tetapi hanya untuk pemetaan dan salah satu pertimbangan PPDB ke SLPT” imbuhnya.

Jadwal ASPD untuk jenjang SD/MI untuk Kapanewon Kokap akan dilaksanakan mulai hari Senin – Rabu (5-7/4/2021) untuk latihan ujian ASPD, sedang ASPD Utama hari Senin – Rabu (24-27/5/2021) dan ASPD Susulan hari Rabu – Kamis (2-3/6/2021). Dan untuk pelaksanaan ujian ini dalam 1 (satu) hari 1 (satu) mata pelajaran dan mata pelajaran yang diujikan diantaranya Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Dan ujian ASPD ini juga tetap memakai LJK (Lembar Jawab Komputer) atau berstandar komputer.

Sedangkan pelaksanaan ASPD tahun ini tetap mengacu pada Protokol Kesehatan sebagaimana anjuran dari pemerintah, baik dari panitia, peserta didik maupun pengawas ruang/fasilitator. Yaitu dengan mencuci tangan, pakai masker dan jaga jarak, rak ketinggalan juga cek suhu badan. Dengan pembatasan setiap ruang ujian hanya diisi 10 – 11 siswa pada ruang kelas yang sesuai dengan standar. Dan setiap 1 meja untuk 2 siswa. (Inh)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button